5.12.11

sudah lupakah kita dengan yang namanya sopan santun itu??



Kesopanan entah ini hanyalah produk kecil dan spele
sebagian orang sudah tidak lagi mempersoalkan bagaimana sebuah kesopanan itu, tapi perlu diketahui kesopanan itu biar bagaimana pun semestinya janganlah pernah engkau padamkan dalam dirimu. walau zaman kini eranya keterbukaan dan kebebasan tetapi sebagai manusia yang cerdas alangkah lebih indahnya juga berbudi kesopanan dalam prilaku. 
Pada kenyataanya sungguh banyak yang mulai tidak peduli untuk hal ini, jujur aku sendiri memang bukanlah orang yang pandai bersopan-sopan ria, tetapi beberapa nilai-nilai kesopanan utama tetap terpatri dalam diri.
Aku sering hanya bisa mendiamkan saja ketika hapeku berdering nomor-nomor tidak dikenal ketika menjelang mengajar, semua ini caraku untuk menjaga mood agar tetap tampil prima dan terkendali, sebab bagiku moodku sangat berpengaruh pada saat aku hendak tampil mengajar. dan semua ini bermula dari sebuah telepon dari nomor yang tidak dikenal yang aku angkat menjelang aku masuk kelas untuk mengajar "halo assalamu'alaikum" aku mengawali menjawab telepon si penelpon suara disebrang "sudah masuk buk??" tanya si penelepon, siapalah ini orang yang pikirku dalam hati walau aku tetap  menjawabnya dengan baik "sudah" "owh ya udah...." sambar si penelepon lalu menutup begitu saja teleponnya tampa mengatakan nama atau bagiamana sopan santun seorang mahasiswa dan membuatku cukup terbengong bingung ini siapa yang mahasiswa siapa yang dosen ya, astagfirullahalazaim aku cuma bisa beristigfar bersabar menahan marah, andai saja aku kepancing marah mungkin aku sudahi saja kuliah dihari itu. 

Seorang ibu rekan kerjaku dikampusku pun bercerita tentang kurang sopannya mahasiswa menelponnya, ketika beliau mengangkat telpon dengan nada lembut mengucap salam rupanya s imahasiswa penelepon malah langsung menhujaninya dengan pertanyaan bernada tinggi "buk, kuliah sekarang buk!!" dan hingga sempat membuat si ibu cukup terkejut dengan nada suara dan cara bicara sang mahasiswa yang tidak sopan itu. yah begitulah pada akhirnya di kelas si ibu mesti kembali menekankan nilai-nilai dan tata cara menelepon kepada orang terutama pada dosen. dan pertanyaannya mestikah sekaliber mahasiswa yang usianya sudah cukup dikategorikan dewasa diajarkan tata cara menelepon yang baik?? hanya Allah yang tahu apakah perilaku sopan itu sudah terkikis seiringnya usia yang merasa sudah dewasa itu.

sms ya short masege text memang benar-benar pendek tiba-tiba tampa memperkenalkan diri "Buk Kenapa Nilai Saya Tidak Keluar Bu", masuk tampa nama aku sendiri keheranan tampa nama tiba-tiba menodong nilai, atau "Buk Kenapa Nilai Saya Rendah Padahal Teman-Teman Saya Tidak". dan kembali sms tampa nama siapa entah siapa mahasiswa yang mana, bahkan entah apa iya ini mahasiswa atau tidak aku sendiri bingung. malah yang uniknya ketika aku tanya nama dan mempersilakannya untuk mendatangi langsung berbicara baik-baik eh si SMS menjawab Ya Udahlah Buk Maaf Klu Menganggu.  sungguh aneh bukan????
entahlah apa dunia telah berubah apakah aku adalah mahasiswa kuno. aku mahasiswa dan sudah lama juga jadi mahasiswa yang jika mau mengSMS dosen masih suka takut-takut, takut tidak sopan dan takut menganggu istirahatnya. makanya mengsms selalu untuk hal-hal yang penting saja jika sangat urgen untuk berkomunikasi dengan dosen.
aku pun terkadang juga suka menanyakan apakah dosen yang ingin ditemui itu ada ditempat atau tidak lewat sms. "Asw. ibu, ini saya aliaty rahma mahasiswa ibu di pasca, saya mau konsultasi tesis, apa ibu hari senin ada dikampus?.  dan selalu redaktur smsnya semacam ini diawali dengan memperkenalkan diri, sebab bisa menebak tidak mungkin dosen akan hapal dan ingat atau menyimpan nomor mahasiswanya, berusaha bertanya sesopan mungkin. karena menghormati dosen sebagai guruku dosenku, dan takut kalau perasaannya tidak berkenan karena smsku.
dan rupanya adik-adikku pun mulai dijangkit penyakit tidak sopan ini, mengSMS soal meminta kehadiran rapat dijelang jam rapat " Asw. kak bisa datang rapat kak di musola jam 10" begitu smsnya masuk jam 09.00 wedew bikin geleng-geleng deh. atau mengsms bertanya "apa agenda hari ini kak?" lah agenda orang ditanyakan tampa ada alasan aneh sungguh ..sunguh aneh ketika saku jawab hari ini kakak ada seminar dan bla..bla... lalu si adik yang mengsms diam tidak membalas kebali seakan tengah mengecek agenda kakaknya saja entah ini kerjaan iseng atau apa tapi ini tidak sopan. 
ini mungkin sepele bukanlah hal yang mesti dibesar-besarkan tetapi bukankah dari hal kecil terkadang kita bisa menilai sesuatu yang besar, mulai terkikisnya nilai sopan santun, orang sudah tidak pernah lagi mengunakan pepatah minang "mangango lu sabalum mangecek" maksudnya berfikirlah dulu sebelum berbicara, dan dimanapun medianya baik langsung atau tidak langsung tetap saja apa yang kita keluarkan dari mulut kita itulah gambaran kita sesungguhnya. semoga ini bisa menjadi renungan bersama sudah belajar sopankah kita ?? atau sudah lupakah kita dengan yang namanya sopan santun itu?? dan aku pun masih selalu memperbaiki soal yang satu ini  Sopan Santun. (annajmutsaqib's write 051211)